Berita Daerah

Bupati Dedi Lantik Enam Kades di Sawah Malam Hari


Tgl. Posting: November 24, 2016 Dilihat: 43
Foto: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik 6 orang Kepala Desa di sawah (Tri Ispranoto)
 
Purwakarta - Setelah sebelumnya melantik seorang kepala desa (Kades) di atas aliran sungai, kali ini Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melakukan hal serupa namun di tempat yang berbeda yakni di sawah yang berada di Kecamatan Wanayasa.

Pelantikan 6 orang Kades yang digelar pada Rabu (23/11/2016) malam itu nampak sederhana namun tetap mengedepankan unsur keindahan. Hamparan sawah yang luas itu disulap menjadi 'panggung' pelantikan cantik dengan dikeliling obor yang menyala dan leuit atau lumbung padi berukuran besar.

Dalam amanatnya Dedi menginstruksikan agar para Kades terpilih langsung menemui mereka-mereka yang gagal dalam pemilihan Kades untuk menjaga silahturahmi sekaligus mengajak membangun desa bersama.

Foto: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik 6 orang Kepala Desa di sawah (Tri Ispranoto)
 
"Nu tadi eleh, uih ti dieu mangga sumpingan. Silahturahmi, ajak babarengan ngabangun desa. Teu aya lawan, nu aya kawan. Kabeh dulur. (Yang tadi kalah, pulang dari sini silakan datangi. Silahturahmi, ajak bersama membangun desa. Tidak ada lawan, yang ada kawan. Semua saudara)," jelas Dedi.

Dedi menjelaskan alasannya menggelar pelantikan di hamparan sawah adalah untuk mengingatkan kembali jati diri desa yang terbangun dari tradisi bertani. Pasalnya meski kini zaman sudah serba modern, namun Indonesia kritis pangan.

Untuk itu, sebagai langkah awal, para Kades diharuskan memeriksa dan memperhatikan mengenai keberadaan sawah di daerahnya termasuk saluran air mulai dari irigasi hingga menuju sungai. Kelak sawah tidak hanya akan menjadi pusat produksi pangan namun akan menjadi tujuan wisata desa.

"Tahun depan desa kita sudah berbasis IT, lalu apa yang akan di-IT-kan? Kita ingin membranding dan promosi desa. Sawah, kebun, hutan, dan produk desa itu akan kita branding dan promosikan," ungkapnya.

Suasana pelantikan yang berada di dataran tinggi dengan hembusan angin menusuk tulang itu pun semakin meriah ketika Bupati Dedi yang terkenal dengan keisengannya itu tiba-tiba mengajak foto bersama di dekat kolam ikan namun ternyata keenam Kades yang baru dilantik malah diceburkan.

Foto: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik 6 orang Kepala Desa di sawah (Tri Ispranoto)
 
Meski dingin namun keenam Kades itu seolah lupa dan malah bermain air. Hingga akhirnya Dedi pun ikut turun ke kolam dan mengakhiri keseruan tersebut dengan berfoto bersama.

Foto: Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melantik 6 orang Kepala Desa di sawah (Tri Ispranoto)
 
"Ke depan kita akan buat pelantikan Kades yang lebih menarik sehingga akan mendatangkan wisatawan, sekaligus mempromosikan potensi desanya," pungkas Dedi usai acara.

Keenam Kades yang baru saja dilantik tersebut adalah Jaya Permana (Kades Parakanlima, Kecamatan Jatiluhur), Hendri Surahman (Kades Cibinong, Kecamatan Jatiluhur), Sulaeman Purba (Kades Cicadas, Kecamatan Babakancikao), Romli (Kades Sempur, Kecamatan Plered), Bubun Sahroni (Kades Gardu, Kecamatan Kiarapedes), dan Deddy Sujana (Kades Cikadu, Kecamatan Cibatu).
(hri/hri)

sumber: detik.com

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar



shadow