Berita Kemendagri

Rapat Koordinasi Kerja Sama Luar Negeri Tahun 2017, Jakarta 16 – 18 April 2017


Tgl. Posting: April 17, 2017 Dilihat: 70

Jakarta – VECO, ICCO, ASB bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, ketiga INGO tersebut bekerja di Indonesia untuk melengkapi program Pemerintah Indonesia. Sebagai tindak lanjut Penandatangan Memorandum Saling Pengertian (MSP) dan Arahan Program kerja sama antara Kemendagri dengan INGO, Ditjen Bina Pemerintahan Desa sebagai mitra teknis INGO melaksanakan Rapat Koordinasi Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri Tahun 2017 dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota lokasi kerja sama INGO serta guna optimalisasi pelaksanaan program kerja sama luar negeri Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 16 – 18 April 2017 di Jakarta.  Peserta Kegiatan berasal  dari 42 Kabupaten/Kota di 12 Propinsi lokasi kerja sama dan Kementerian/Lembaga terkait

Kegiatan Rapat Koordinasi Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri  dibuka secara resmi oleh Bapak Mohammad Rizal, SE, M.Si Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, pada acara pembukaan diawali dengan laporan Drs. Imran, M.Si, MA Kepala Bagian Perencanaan dan dihadiri oleh Dr. Nelson Simanjuntak Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Setjen Kemendagri, Mr. Kees De Ruiter Regional Manajer ICCO, Mr. Dominique Vanderhaeghen Regional Director VECO dan Melina Margaretha Acting Country Director ASB Indonesia & Pilipina. 

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan program kerja sama melalui terwujudnya sinergitas program pemerintah, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan program yang dilaksanakan oleh INGO di wilayah kerja yang telah disepakati antara INGO dan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri, muara dari program INGO tersebut adalah dalam rangka mendukung program Pemerintah Indonesia. 

Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran terkait kebijakan pemerintahan Indonesia dalam kerja sama dengan INGO dan memberikan informasi terkait  strategi pelaksanaan program INGO di wilayah kerja masing-masing serta diharapkan dapat  meningkatkan  sinergitas  antara  program/kegiatan  kerjasama  dengan  strategi, kebijakan  dan prioritas  pembangunan  baik oleh pemerintah pusat,  pemerintah daerah, dan mitra kerja sama serta guna lebih meningkatkan akurasi komunikasi yang terstruktur dan sistematis dari tingkat Pemerintah Pusat sampai daerah, sehingga diharapkan implementasi program dan kegiatan yang dikerjasamakan dapat terkelola dengan baik, benar, transparan dan akuntabel.  

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Dr. Nelson Simanjuntak Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Setjen Kemendagri menyampaikan materi Arah Kebijakan Kemendagri dalam Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri, Maria Kusumanegari - Kementerian Luar Negeri menyampaikan materi Mekanisme dan Optimalisasi Pelaksanaan Kerja Sama Luar Negeri Pemerintah Indonesia, Kementerian Sekretaris Negara menyampaikan materi Evaluasi Program Kerja Sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pihak Asing, 

Sedangkan Narasumber dari INGO adalah Mr. Kees De Ruiter Regional Manajer ICCO, Mr. Dominique Vanderhaeghen Regional Director VECO dan Melina Margaretha Acting Country Director ASB Indonesia & Pilipina. Masing-masing INGO menyampaikan materi Evaluasi Capaian Pelaksanaan Program/Kegiatan periode 2015-2016 serta Konsep Entry Strategy & Exit Strategy Pelaksanaan Program INGO periode 2016-2019. (W. Cattleya/KR- PRC)

Berikut file dokumen kegiatan dapat di download :

1. Sambutan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa

2. Paparan Kapus Fasker Rakor Pemdes

3. Paparan Setneg-Bina Pemdes KDN

4. Paparan KEMLU Mekanisme dan Optimalisasi Pelaksanaan Kerja Sama Luar Negeri

5. Paparan ASB

6. Paparan ICCO

7. Paparan VECO Indonesia & Philipine

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar



shadow