Berita Nasional

RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan IMF-Bank Dunia, Jokowi Keluarkan Keppres


Tgl. Posting: April 10, 2017 Dilihat: 278

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance

Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (Bank Dunia) pada 12-14 Oktober 2018 mendatang di Nusa Dua, Bali.

Luhut Panjaitan ditunjuk menjadi pimpinan dalam kepanitian persiapan annual meeting World Bank dan IMF tersebut. Luhut dibantu oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo.

Persiapan penyelenggaraan acara tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank ini bakal dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gubernur BI, Agus Martowardojo, mengatakan apabila semua laporan persiapan telah disetujui, nantinya Presiden bakal mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang kegiatan acara tersebut.

"Jadi semua persiapannya dilakukan, sehingga tadi sudah siap untuk melaporkan kepada Presiden besok tentang semua organisasinya, program kerjanya, kesiapan daripada logo, anggaran, itu semua sudah kita rapatkan dan besok akan kami laporkan ke Presiden," kata Agus, di Kantor Pusat Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (10/4/2017).

"Nanti akan keluar Keppres yang mengatur tentang bagaimana kegiatan voyage to Indonesia akan diselenggarakan, baik penyelenggaraan tahunan pertemuan IMF-World Bank, maupun kegiatan yang selaras bersamaan, sebelum dan sesudah itu," sambungnya.

Walau demikian, dirinya masih belum bisa memberitahu terkait dengan poin-poin yang tertuang dalam Keppres nanti. Ia hanya mengatakan, bahwa Presiden Jokowi bakal secepatnya mengeluarkan Keppres tersebut.

"Kalau sudah ditandatangani Presiden, kitkami akan menyelenggarakan satu kick-off, di mana semua kementerian-kementerian dan Pemda (Pemerintah Daerah) yang terlibat akan dihadirkan untuk kita memulai 18 bulan sebelum kegiatan IMF-World Bank Meeting ini," kata dia.

"InsyaAllah kalau Presiden sudah dilapori, Presiden sudah tidak ada hal yang ditambahkan, nanti akan langsung ditandatangani (Keppres-nya)," tutupnya. (wdl/wdl) 

sumber: detik.com

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.


shadow