Berita Daerah

Generasi Berencana Lahirkan Generasi Yang Berkualitas


Tgl. Posting: July 12, 2017 Dilihat: 381

Hal itu setidaknya terungkap dalam Seminar bertajuk “Kependudukan Dan Pembangunan Berkarakter” yang digelar di Gedung Samakai Dompu sebagai rangkaian dari acara peringatan HARGANAS Tingkat Provinsi NTB ke XXIV. Seminar yang diikuti tidak kurang dari 200 orang yang berasal dari unsur ASN, Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Dompu ini menghadirkan 2 Narasumber dari pusat yaitu : Ir. Ambar Rahayu, M.Si selaku Deputi KSPK (Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga) BKKBN serta Nanik Suwaryani, P.hD selaku Kasubdit Pendidikan Anak Dan Remaja Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD Dan Dikmas .

Dalam pengantarnya Kadis DPMPD Dukcapil Provinsi NTB yang bertindak selaku moderator mengatakan bahwa Narasumber yang dihadirkan pada seminar ini adalah pakar di bidangnya masing-masing, karena diharapkan kepada peserta seminar khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa untuk dapat menyerap sebanyak-banyaknya ilmu dari narasumber. Bahkan untuk membangkitkan semangat dari kalangan pelajar dan mahasiswa tersebut, sang moderator mengatakan bahwa “orang cerdas itu bukanlah orang yang mampu menjawab pertanyaan, tetapi orang cerdas itu adalah orang yang mampu membuat pertanyaan baik untuk dijawab dan orang menjadi tahu”.

Kadis DPMPD Dukcapil NTB bertindak selaku moderator pada gelaran seminar yang bertajuk Kependudukan Dan Pembangunan Berkarakter

 

Sementara itu Ir. Ambar Rahayu, M.Si selaku Narasumber pertama lebih banyak menyoroti tentang perencanaan dalam berkeluarga untuk menghasilkan keluarga yang berkualitas. Lebih jauh narasumber ini juga memaparkan tentang 8 pilar ketahanan keluarga yang diharapkan mampu menciptakan keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Sedangkan Nanik Suwaryani, PhD sebagai narasumber yang memperoleh giliran berikutnya lebih banyak menjelaskan tentang resiko akan ketergantungan baik ketergantungan akan obat-obatan terlarang, ketergantungan akan gadget maupun ketergantungan akan medsos. Secara khusus narasumber ini mengajak para peserta seminar untuk membangun mimpi, karena mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia.

Sebagian peserta seminar yang diselenggarakan di Gedung Samakai Dompu

 

Selanjutnya berkat kelihaian moderator dalam memainkan hati dan pikiran peserta, dalam acara diskusi setelah selesai pemaparan narasumber, banyak peserta utamanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dalam rangka pendalaman materi yang telah disampaikan narasumber. Karena terbatasnya waktu, tercatat 6 orang mengajukan pertanyaan dan 7 orang membuat pernyataan terkait materi yang dibahas dalam seminar. Sebelum menutup seminar, H. Rusman SH, MH yang juga sebagai Kadis DPMPD Dukcapil selaku moderator mencoba menyimpulkan hasil seminar sebagai berikut :

  1. Bahwa pendidikan penting dan sangat penting untuk menggapai kesejahteraan.
  2. Merencanakan kehidupan adalah penting untuk menciptakan keluarga yang berkualitas
  3. Pencegahan Perkawinan Dini menjadi bagian penting dalam membangun ketahanan keluarga
  4. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan kita harus dapat melepaskan diri dari ketergantungan, baik ketergantungan akan obat-obatan terlarang maupun ketergantungan akan hal-hal lainnya yang menghambat peningkatan kualitas kehidupan.
  5. Bahwa pembangunan karakter dan peningkatan ketahanan keluarga menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama.

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.


shadow