Berita Daerah

Pelatihan Fasilitator Untuk Mensukseskan Program Gerbang Desa Saburai


Tgl. Posting: July 7, 2017 Dilihat: 184

Pelatihan Fasilitator Program Gerakan Saburai dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Gerakan   Membangun (Gerbang) Desa Saburai Dalam rangka memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah/desa di Provinsi Lampung dengan mengembangkan strategi yang menggabungkan antara  perencanaan pembangunan, partisipasi masyarakat dan perencanaan pembangunan pemerintah daerah provinsi Lampung.

Demikian   beberapa petikan pidato sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Lampung yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Shifa Aini, S. Sos, MM   ketika membuka Pelatihan Fasilitator Gerakan Membangun Desa Saburai   di ruang Pertemuan Lantai III Hotel Nusantara Bandar Lampung  malam ini 07/03/2017. 

Lebih jauh Ibu Shifa Aini mengatakan bahwa tujuan program Gerbang Desa Saburai diharapkan dapat menciptakan beberapa   kodisi   diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu dan masyarakat adat dalam pengambilan keputusan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan.
  2. Menyatupadukan program kegiatan penaggulangan kemiskinan berbasis masyarakat perdesaan dan intervensi kebijakan pemerintah daerah dalam sistem.
  3. Mengembangkan kapasitas kelembagaan masyarakat, dan pemerintahan khususnya pemerintahan desa dalam memfasilitasi pengelolaan pembangunan partisipatif yang berwawasan budaya dan lingkungan.
  4. Menyediakan Sarana dan prasara sosial dasar dan ekonomi yang diperioritaskan oleh masyarakat.
  5. Terbentuk dan berkembangnya kerjasama antar desa dalam pengelolaan pembangunan serta terwujudnya peningkatan peran serta dan kerjasama para pemangku kepentingan dalam upaya penanggulangan kemiskinan di perdesaan.

Diakhir sambutannya  Ibu Syifa Aini, S. Sos,MM  menyampaikan agar sasaran dan tujuan pelatihan dapat berhasil, agar narasumber berperan aktif dalam mengelola, melatih, memfasilitasi, memotivasi peserta dan bagi peserta agar dapat terbuka untuk menerima materi yang diberikan.

sumber: bpmpd.lampungprov.go.id

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after three months has been disabled.


shadow