Berita Daerah

DPMPD Kabupaten Bekasi Gelar Lomba Desa


Tgl. Posting: April 2, 2018 Dilihat: 85

Bekasi, Deltanews.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) helat kompetisi lomba  desa tingkat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Lomba desa ini yang sedang berjalan di beberapa kecamatan di Pemerintahan Kabupaten Bekasi, guna meningkatkan kinerja dan prestasi bagi desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhati, (27/3).

Menurutnya, lomba ini nantinya desa yang terpilih atau menjadi juara satu  akan di lombakan ketingkat lebih propinsi.

“Ini salah satu upaya meningkatkan kinerja dan prestasi desa di segala bidang,” ucapnya.

Dikatakan Aat Barhati, dengan adanya kegiatan lomba desa ini bukanlah hal yang dibuat-buat karena ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan bukan sekedar mengatur bagaimana hajatan nasional lomba desa dilaksanakan tiap tahun.

Lebih dari itu adalah memotivasi desa semakin cerdas dalam menata kelembagaannya secara lebih modern, sehingga segala kemajuan pembangunan desa dan kelurahan dapat dengan mudah dievaluasi dan diukur.

Dengan semakin tertibnya tata kekola Pemerintahan Desa yang didukung oleh sistem informasi desa, bagi Pemerintah Pusat pun juga menjadi semakin mudah dalam memahami persoalan-persoalan desa dan kelurahan di seluruh Indonesia.

“Lomba Desa merupakan suatu hal yang bukan mengada-ngada, berdasarkan peraturan menteri dalam negeri tentang evaluasi dan pengembangan desa. Untuk melihat sejauhmana partisipasi masyarakat di desanya baik dibidang kemasyarakatan maupun dibidang pemerintahan,” tuturnya.

Sedangkan indikator-indikator penilaiannya, untuk menertibkan bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Wanajaya, Suhanda Darmawan menuturkan,  pihaknya sebagai perwakilan enam desa di kecamatan Cibitung sebagai sarana pembelajaran menambah ilmu pengetahuan serta  mengharapkan bimbingan dari tim penilai untuk evaluasi di pemerintahan desa jika masih ada yang perlu di tingkatkan dalam pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan.

“Kami sudah berupaya semampu kita sesuai apa yang telah di program Bupati Bekasi baik di bidang pembangunan, kemasyarakatan maupun pelayan nanti soal penilaian dari tim  evaluasi dari pemkab bekasi,” bebernya singkat.

Penulis : Lilis

sumber: deltanews.co.id

Komentar

Belum ada komentar

Postkan komentar



shadow